Mengenal Gangguan Anxiety Temanmu Dengan dan Lakukan Hal Ini!

Mengenal Gangguan Anxiety Temanmu Dengan dan Lakukan Hal Ini!

Mengenal gangguan anxiety temanmu dan lakukan saran-saran serta tips bermutu dari Simply melalui artikel ini.

Mengenal gangguan Anxiety temanmu bisa membantu ia untuk cepat pulih. Berteman dengan orang lain merupakan hal yang pasti dilakukan oleh manusia sebagai makhluk sosial. Membangun relasi melalui pertemanan dengan manusia lain merupakan pemenuhan kebutuhan sosial seseorang yaitu interaksi sosial. Bermacam ragam manusia yang kita temui di luar sana seperti si pemalu, si pemarah, si periang, dan masih banyak lagi. Mungkin berbagai karakteristik tersebut adalah hal normal yang sering kita temui dalam lingkungan pertemanan kita sebagai makhluk sosial. Tapi pernahkah kamu melihat salah satu teman di antara banyak teman kamu itu memiliki kecemasan yang berlebihan? Kecemasan yang dirasa terlalu berlebihan, sepertinya di luar batas wajar? Bisa jadi teman terdekatmu itu mengidap anxiety disorder, makanya penting sekali untuk kamu mengenal gangguan anxiety temanmu. Pada artikel ini, kita bakal membahas sekilas mengenai anxiety disorder. Selain itu, Simply juga akan membagikan beberapa tips buat kamu agar bisa lebih mengenal gangguan anxiety temanmu secara singkat dan pastinya sangat memungkinkan untuk kamu lakukan. Jadi, fokus dulu untuk simak artikel ini ya!

Baca juga:

Terkena Gangguan Kecemasan Akibat Ditolak PTN? Ayo Mulai Self Healing!

Kunjungi juga:

Simply Indo

Simply WA

Anxiety disorder itu apa sih?

Dirilis pijarpsikologi.org, anxiety disorder atau gangguan kecemasan merupakan rasa cemas yang ekstrem ditimbulkan oleh ancaman yang belum tentu nyata pada penderitanya. Masih banyak orang awam yang menyamakan rasa cemas ini dengan rasa takut, padahal kedua hal tersebut adalah hal yang berbeda dan tidak dapat digeneralisasikan maknanya. Rasa takut merupakan respon emosional seseorang terhadap ancaman yang sudah ada di depan mata atau sudah pasti nyata. Sedangkan rasa cemas adalah rasa khawatir, resah, bimbang, gelisah serta tegang yang sifatnya subjektif. Subjektif di sini adalah belum pasti objeknya atau masih belum pasti kenyataannya. Kecemasan yang ada pada penderita anxiety disorder terkadang dapat kita lihat dengan mata telanjang melalui beragam gejala fisik, emosi dan lainnya. Anxiety disorder juga terbagi menjadi beberapa macam seperti panic attack, social anxiety disorder dan generalized anxiety disorder. Banyaknya macam dari anxiety disorder juga membuat gejala yang dialami setiap penderitanya pun berbeda-beda. Untuk mengetahui anxiety disorder lebih dalam, kamu bisa baca artikel yang sudah diposting sebelumnya ya!

Gimana sih menjadi teman yang baik dengan mengenal gangguan anxiety temanmu?

Jika kamu menemukan beberapa gejala anxiety disorder pada teman terdekatmu, maka kamu boleh melakukan beberapa tips ini untuk membantu mereka:

  • Mengajak Mereka untuk Bercerita

Orang yang terkena anxiety disorder bisa saja sudah menyadari bahwa kecemasan dan ketakutan yang mereka rasakan tersebut adalah hal yang kurang bahkan tidak rasional. Namun, bisa saja mereka enggan menceritakan hal tersebut kepada kamu. Ada banyak faktor yang membuat penderita anxiety disorder sulit menceritakan kecemasan dan ketakutan mereka, misalnya takut dilabeli sebagai manusia aneh dan lainnya. Padahal, dengan berbagi cerita bersama orang lain dapat membantu mereka mengurangi rasa cemas dan takut yang dirasakan, serta merasa lebih lega. Maka, sebagai teman yang baik kamu bisa membuat mereka nyaman saat berada di dekat kamu. Saat mereka sudah merasa nyaman, kamu bisa mengajak mereka untuk menceritakan kecemasan dan ketakutan yang mereka alami.

  • Menjadi Pendengar yang Baik

Setelah kamu berhasil mengajak temanmu bercerita mengenai rasa cemas serta takut yang dia rasakan, kamu perlu menjadi pendengar yang baik untuk cerita yang dia bagikan denganmu. Hal terpenting dari point ini adalah kamu boleh berusaha mendengarkan cerita temanmu tanpa menghakimi atau meremehkan cerita yang sudah dia share padamu. Setelah mendengarkan cerita mereka, kamu boleh menanyakan cara apa yang bisa kamu lakukan untuk membantu mereka dengan nada suara yang seperti biasanya saja (datar dan halus). Ini dilakukan karena nada suara yang keras serta tegas sering kali membuat pengidap anxiety disorder merasa terancam dan meningkatkan rasa cemas mereka.

  • Menjadi Pendukung yang Setia untuk Mereka

Dukungan dari orang sekitar untuk kegiatan yang mereka lakukan sangat berarti bagi penderita anxiety disorder. Sebagai teman yang baik kamu boleh mendukung mereka yang menderita anxiety disorder dengan selalu ada di samping mereka kapan pun mereka membutuhkan kamu. Kemudian, kamu juga bisa mendukung mereka dengan berkata bahwa kecemasan dan ketakutan yang mereka alami merupakan hal yang bersifat sementara waktu dan akan menghilang sesegera mungkin. Yakinkan lah teman kamu dan berikan kekuatan bahwa apa yang mereka takutkan dan cemaskan dapat dilalui walaupun hal tersebut bukan sesuatu yang mudah untuk dilakukan.

  • Mengajak Mereka untuk Melakukan Kegiatan Positif

Kamu dapat mengajak temanmu yang menderita anxiety disorder untuk melakukan beragam kegiatan positif. Kegiatan positif yang menenangkan dan menyenangkan, misalnya seperti memasak, melukis, bermain musik, berolahraga bersama serta kegiatan lainnya. Banyak melakukan kegiatan positif dapat membantu mereka yang menderita anxiety disorder untuk melupakan sejenak tentang rasa cemas dan rasa takut mereka bahkan mengurangi kedua rasa tersebut. Ajak teman kamu untuk merayakan keberhasilan mereka dalam menghadapi rasa takut dan cemas juga dapat membantu mereka untuk lebih berani melawan kecemasan serta ketakutan yang ada. Misalnya, makan bersama di suatu kafe setelah dia berhasil melawan rasa cemas dan rasa takut untuk menjadi public speaker di suatu moment tertentu atau melakukan pesta kecil lainnya juga boleh kamu lakukan.

  • Meyakinkan Teman Kamu untuk Berkonsultasi dengan Profesional

Sebagai teman, kamu pasti ingin melihat teman kamu cepat pulih dan kembali pada keadaan normal bukan? Maka, tidak ada salahnya kamu membujuk teman kamu untuk melakukan konsultasi dengan para profesional. Kamu bisa mengajak teman kamu untuk pergi berkonsultasi dengan psikolog yang sudah pasti ahli pada bidangnya. Berkonsultasi dengan profesional adalah hal penting yang harus dilakukan karena selain mendapatkan diagnosa pasti, teman kamu juga dapat ikut melaksanakan sesi terapi yang bisa membantu mereka penderita anxiety disorder untuk proses pemulihan. Buat kamu kaum rebahan yang merasa sulit beranjak dari kasur apalagi jika harus bergerak keluar rumah, kamu bisa mengajak teman kamu untuk melakukan konsultasi dengan psikolog profesional secara online. Hah? Emangnya ada ya? Pastinya ada dong, kamu bisa mengajak teman kamu untuk melakukan konsultasi dengan psikolog profesional secara online tanpa harus keluar rumah karena ada Simply. Kamu bisa menghubungi Simply di mana pun dan kapan pun melalui aplikasi ChatAja! dan Whatsapp yang dapat kamu akses dengan klik link ini ya.

Gimana nih? Apakah kamu udah siap menjadi sosok teman yang baik untuk teman kamu yang menderita anxiety disorder? Semoga sudah ya. Berbagai tips yang sudah disajikan di atas tentunya dapat dengan mudah kamu lakukan. Tidak harus dilakukan sekaligus kok! Kamu bisa mencoba berbagai tips tersebut step by step secara perlahan sesuai dengan kemampuan yang kamu punya. Ayo, semangat bantu teman kamu untuk keluar dari gangguan kecemasan atau anxiety disorder!

Referensi:

https://www.idntimes.com/life/inspiration/amelia-solekha/orang-terdekatmu-menderita-anxiety-disorder-bantu-dengan-5-cara-ini-c1c2/5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares