Cara Menghilangkan Rasa Cemas Saat Berada di Berbagai Situasi Sosial!

Cara Menghilangkan Rasa Cemas Saat Berada di Berbagai Situasi Sosial!

Cara menghilangkan rasa cemas saat berada di berbagai situasi sosial bisa menjadi senjata ampuh untuk kita di masa depan nantinya.

Cara menghilangkan rasa cemas merupakan salah satu hal yang paling sering dicari oleh banyak orang. Banyak dari kita sering merasa nervous saat berhadapan dengan beberapa konteks tertentu , seperti menjadi MC, talent atau public speaker dalam suatu acara. Hal ini merupakan sesuatu yang normal apabila terjadi pada kita. Namun, apa jadinya jika rasa gugup itu berubah menjadi rasa cemas dan takut yang sangat ekstrim sehingga berpotensi menghambat keseharian kita? Tentunya ini akan membuat kita kesulitan dalam menjalani hari-hari sebagai makhluk sosial. Rasa takut dan cemas yang tidak wajar ini biasa dialami oleh penderita Social Anxiety Disorder (SAD). Nah, pada artikel kali ini kita akan mengenal Social Anxiety Disorder (SAD) dan beberapa cara menghilangkan rasa cemas. Yuk, simak artikel ini ya!

Baca juga: Terkena Gangguan Kecemasan Akibat Ditolak PTN? Ayo Mulai Self Healing!

Kunjungi juga:

WhatsApp Simply Indo

Instagram Simply

Apa sih Social Anxiety Disorder (SAD) itu? 

Social Anxiety Disorder (SAD) atau yang biasa dikenal dengan gangguan kecemasan sosial adalah suatu kondisi di mana pengidapnya merasakan kecemasan dan ketakutan yang ekstrem saat dihadapkan dengan situasi sosial. Penderita Social Anxiety Disorder (SAD) merasa takut dihakimi, dinilai buruk (negatif) atau tidak diterima dalam lingkungan sosial manapun. Menurut Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorder (DSM)-V, penderita Social Anxiety Disorder (SAD) memiliki tanda-tanda seperti cemas dan takut pada situasi sosial yang memungkinkan mereka diawasi atau diperhatikan oleh orang lain. Mereka takut salah berbicara, bertindak, melakukan hal negatif yang menyinggung orang lain dan berpotensi bagi orang lain untuk memberikan penilaian yang negatif (buruk) untuk diri mereka.

Bagaimana cara menangani Social Anxiety Disorder (SAD)?

Banyak cara yang dapat kita lakukan untuk mengatasi Social Anxiety Disorder (SAD). Namun, kali ini kita akan membahas cara-cara sederhana yang tentunya masih mampu dilakukan baik secara mandiri maupun dengan bantuan orang terdekat mereka. 

  1. Mencoba untuk Mengenali Penyebabnya

Penderita Social Anxiety Disorder (SAD) merasakan kecemasan di situasi sosial yang berbeda-beda. Ada yang merasa cemas dan takut saat berbicara di depan publik, bertemu serta berinteraksi dengan orang lain, dan masih banyak lagi. Penting bagi kamu untuk mengenali situasi apa saja yang menjadi penyebab gangguan kecemasan sosial ini, sehingga kamu lebih mudah dalam menemukan solusi untuk menghadapinya.

  1. Tenangkan Diri Sendiri

Salah satu cara menenangkan diri yang paling mudah dilakukan oleh semua orang termasuk penderita Social Anxiety Disorder (SAD) adalah mengatur nafas mereka. Kamu bisa menarik nafas dalam-dalam kemudian menghembuskannya perlahan melalui mulut untuk menenangkan diri jika mulai merasakan gejala gangguan kecemasan sosial. Biasanya gejala yang menyerang penderita gangguan kecemasan sosial seperti jantung yang berdebar-debar, berkeringat dingin, tegang seperti susah menggerakkan tubuh mereka dan berbagai gejala yang biasa dihadapi.

  1. Fokus pada Pikiran Positif dan Mengabaikan Pikiran Negatif

Jika saat berada di situasi sosial tiba-tiba saja pikiran negatif datang kepada kamu, seperti merasa cemas jika harus mengisi acara menjadi seorang MC yang berbicara di depan orang banyak karena takut orang lain akan menganggapmu canggung. Cobalah untuk memahami pikiran kamu tersebut. Pahami dan temukan jawabannya, apakah kamu benar-benar dianggap canggung ketika mengisi acara sebagai MC padahal sudah pernah beberapa kali melakukan hal tersebut dan tidak pernah dikritik? Atau hal tersebut hanyalah pikiran negatif kamu saja? Jika hal itu hanya pikiran negatif saja, ada baiknya kamu mencoba untuk fokus membangun pikiran positif agar diri kamu semakin kuat dan menganggap pikiran negatif tersebut sebagai noise yang wajar dan dapat diabaikan.

  1. Menerapkan Pola Hidup Sehat

Seseorang yang menjadi penderita Social Anxiety Disorder (SAD), ada baiknya merubah pola hidup mereka menjadi lebih baik lagi. Misalnya berolahraga 3 kali dalam seminggu, tidur minimal 6 jam dalam sehari, secara teratur mengonsumsi makanan yang sehat, dan mengurangi bahkan menghindari konsumsi kafein. Memang terasa sulit bila kamu harus menerapkan hal tersebut secara langsung. Jadi, ayo mulai coba menerapkannya satu per satu!

  1. Melakukan Aktivitas Positif

Penderita Social Anxiety Disorder (SAD) bisa mengisi waktu senggang mereka dengan berbagai aktivitas positif. Aktivitas positif ini tentunya akan menjadi salah satu cara menghilangkan rasa cemas kamu pada situasi sosial secara perlahan. Berbagai kegiatan positif yang dapat kamu ikuti seperti bergabung dengan komunitas yang menurut kamu menyenangkan sesuai dengan hobi kamu atau bisa juga bergabung dengan komunitas mental health yang akan memberikan pengaruh positif dan support untuk kamu sebagai penderita Social Anxiety Disorder (SAD).

  1. Banyak Berlatih untuk Membangun Kepercayaan Diri

Berada di situasi sosial adalah mimpi buruk bagi seseorang yang menderita Social Anxiety Disorder (SAD). Tetapi tenang saja, kamu akan terbiasa dengan mimpi buruk itu jika kamu sering berlatih. Cobalah latihan sederhana yang bisa kamu lakukan dengan orang terdekatmu, misalnya latihan membangun dan memulai suatu pembicaraan. Kamu juga boleh mengajak orang-orang terdekatmu untuk mendengarkan dan memperhatikanmu saat latihan presentasi atau public speaking. Latihan seperti ini bisa membantu kamu terbiasa dengan beberapa situasi sosial sehingga akan lebih tenang saat menghadapinya.

  1. Hadapi Rasa Takut dan Cemas Tersebut

Menghindari rasa takut dan cemas memang menciptakan rasa aman. Tetapi, percayalah rasa aman itu hanya bersifat sementara, kamu akan terus-menerus merasa takut dan cemas tersebut jika harus menghadapi situasi sosial yang sama di lain waktu. Hal yang dapat kamu lakukan adalah menghadapi situasi sosial yang menjadi sumber rasa takut dan cemas itu sesering mungkin agar kamu terbiasa menghadapinya. Jika sudah terbiasa, maka rasa takut dan cemas yang kamu rasakan akan berkurang perlahan-lahan.

  1. Lebih Terbuka (Open Up)

Terbuka pada orang lain merupakan salah satu hal yang ditakutkan oleh penderita Social Anxiety Disorder (SAD). Namun, sebagai penderita Social Anxiety Disorder (SAD) tidak ada salahnya kamu mencoba membuka diri pada orang lain. Mungkin akan lebih sulit terbuka dengan orang yang baru kamu kenal, kamu bisa mulai terbuka dengan orang-orang yang menurut kamu cukup dekat. Buang jauh-jauh pikiran negatif bahwa orang lain yang mendengar ceritamu menganggap kamu aneh, tanamkan dalam pikiran bahwa tujuan kamu menceritakan banyak hal dengan mereka adalah untuk menemukan rasa tenang. Rasa tenang yang kamu dapatkan saat bercerita dengan orang lain ini akan membantu kamu dalam mengurangi rasa cemas.

Ternyata banyak juga ya cara sederhana yang dapat dilakukan untuk mengurangi gangguan kecemasan sosial yang kita rasakan. Tujuh cara sederhana yang dibahas pada artikel ini tidak harus kamu lakukan langsung dalam satu waktu kok. Kamu bisa mulai mencoba berbagai cara menghilangkan rasa cemas di atas secara perlahan atau satu per satu. Jangan terlalu dipaksakan ya! Nanti kamu malah pusing sendiri. Jika kamu sudah mencoba berbagai cara menghilangkan rasa cemas, tetapi gangguan kecemasan yang kamu rasakan tak kunjung berkurang, ini menjadi salah satu pertanda kamu harus berkonsultasi dengan profesional. Kami bisa mencoba konsultasi dengan profesional seperti dokter atau psikolog. Di zaman yang serba canggih seperti sekarang kamu bisa banget konseling dengan psikolog profesional tanpa harus keluar rumah. Caranya gampang banget kok! Kamu bisa menghubungi Simply dengan klik link ini ya!

Referensi:

https://satupersen.net/blog/mengatasi-gangguan-kecemasan-sosial

https://www.halodoc.com/artikel/punya-kecemasan-sosial-coba-siasati-dengan-ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares