Belajar Cara Menangani Panic Attack

Belajar Cara Menangani Panic Attack

Belajar Cara Menangani Panic Attack Dengan Tenang Bersama Simply Indo

Cara menangani Panic Attack. Banyak orang mungkin mengalami kecemasan, namun apakah kamu mengetahui tentang panic attack? Panic attack adalah ketika perasaan cemas menjadi tak terkendali, sampai pada titik di mana beberapa orang mungkin percaya bahwa mereka detached from reality, mengalami serangan jantung atau menjadi gila. Panic attack bisa jadi sesuatu yang menakutkan karena seringkali datang secara tiba-tiba.

Baca juga: Usia Remaja Rentan Mengalami Kecemasan, Kok Bisa?

Beberapa orang juga sering menyamakan Anxiety attack dengan Panic attack. Padahal, kedua hal tersebut memiliki pemicu yang berbeda. Panic Attack sering menyerang seseorang secara tiba-tiba tanpa adanya pemicu sama sekali. Lalu, Anxiety attack biasanya terjadi ketika terdapat pemicunya, seperti trauma yang dimilikinya.

Panic Attack  biasanya dikenali dengan gejala sebagai berikut:

– Gemetar

– Sesak napas

– Jantung berdetak lebih cepat

– Pusing

– Mual

 Anxiety Attack memiliki gejala sebagai berikut:

– Mudah untuk merasa kaget

– Sering kelelahan

– Merasa takut yang berlebih

– Gangguan tidur

Jadi, kita tidak bisa menyamakan kedua hal tadi, karena nantinya penanganannya juga akan berbeda. Untuk kamu yang sering merasakan Panic attack, berikut adalah 4 coping mechanism (cara penanganan) yang dapat kamu gunakan untuk menenangkan diri  saat panic attack jika kamu atau orang yang kamu kenal mengalaminya :

  1. Lakukan Latihan Pernapasan

Salah satu gejala dari panic attack adalah sesak nafas dan hiperventilasi. Saat sedang cemas, pernapasan akan menjadi lebih cepat dan pendek. Cobalah memperlambat pernapasan kamu dan melakukan latihan pernapasan agar kalian dapat merasa lebih tenang. Fokus untuk mengambil nafas dalam-dalam melalui mulut kalian sambil merasakan udara perlahan-lahan memenuhi tubuh kamu, lalu perlahan-lahan mengehela nafas. Kamu dapat menggunakan visualisasi ini untuk latihan pernapasan

Ini adalah sebuah latihan yang dapat membantu kamu mengalihkan fokus agar bisa in the moment lagi. Jika kamu mulai merasakan seakan-akan jauh dari kenyataan dan panic attack akan datang, kamu bisa melakukan ini untuk menghilangkan perasaan cemas yang berlebihan. 

Mulai dengan latihan pernafasan untuk menenangkan diri kalian terlebih dahulu sebelum kamu menelusuri panca indra dan menamakan hal-hal dibawah ini: 

  • 5 hal yang bisa kamu lihat: tangan, dinding, pintu, kucing. 
  • 4 hal yang bisa kamu rasakan secara fisik: tekstur meja, selimut, lantai yang dingin.
  • 3 hal yang bisa kamu dengar: suara mesin AC, suara motor lewat, ayam berkokok.
  • 2 hal yang bisa kamu cium: harum nasi, sabun, penyegar ruangan.
  • 1 hal yang bisa kamu rasa: angin sepoy-sepoy, permen, air putih. 
  • Membayangkan happy place kamu

Dimana tempat favorit kamu? Mungkin tempat tersebut adalah sebuah pantai dengan sunset yang indah, atau mungkin taman di rumah nenek. Tutup mata kamu dan coba bayangkan dirimu sedang di tempat tersebut, dan coba untuk fokus kepada detail-detail yang paling kecil. Jika happy place kamu di taman, bayangkan seperti apa rasa kelopak bunga yang licin, dan bayangkan juga suara burung berkicau yang ada di taman tersebut. Tempat yang kamu pilih harus tenang dan juga tidak terlalu berisik. 

  • Mengulangi kutipan di dalam hati

Semua orang pasti memiliki kutipan favorit mereka yang bisa membuat mereka lebih termotivasi. Kutipan favorit tersebut juga bisa digunakan seperti mantra, lho! Mengulangi kutipan bisa membantu kamu untuk meyakini diri dan fokus kepada hal-hal yang baik. Dengan menggunakan kutipan, kamu juga akan ingat sama pedoman hidup kamu. Contoh kutipan yang bisa kalian ulangi adalah “this too shall pass” atau “ini semua akan berlalu.” 

Nah, dari beberapa cara tersebut, kamu bisa memilih yang paling cocok dengan sesuai prefrensi pribadi. Jangan lupa bahwa ini bukan hanya untuk kita pribadi, tapi kita juga bisa membantu jika ada teman yang sedang panic attack

Selalu ingat bahwa kamu itu kuat, dan kamu pasti bisa melalui ini. Kamu tidak perlu terburu-buru dan kamu tidak sendiri. Jika kamu memerlukan bantuan profesional seperti Psikolog, Simply akan selalu disini untuk kamu. Yuk, ketemu dengan simply di aplikasi ChatAja! Klik di sini atau website yang satu ini.

https://media3.giphy.com/media/1xVc4s9oZrDhO9BOYt/source.gif

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares